Rangkuman Chapter 6

Protokol lapisan Network model OSI menentukan pengalamatan dan proses yang memungkinkan data yang lapisan transport untuk dikemas dan diangkut. Jaringan lapisan enkapsulasi memungkinkan data yang akan diteruskan ke tujuan dalam jaringan (atau pada jaringan lain) dengan overhead minimum.

Lapisan Network, atau OSI Layer 3, menyediakan layanan untuk memungkinkan perangkat akhir untuk bertukar data melalui jaringan. Untuk mencapai hal ini transportasi end-to-end, lapisan jaringan menggunakan empat proses dasar :

  • Perangkat Mengatasi akhir - Dengan cara yang sama bahwa ponsel memiliki nomor telepon yang unik, perangkat akhir harus dikonfigurasi dengan alamat IP yang unik untuk identifikasi pada jaringan. Perangkat end dengan alamat IP dikonfigurasi disebut sebagai tuan rumah.
  • Encapsulation - Lapisan jaringan menerima protokol data unit (PDU) dari layer transport. Dalam proses yang disebut enkapsulasi, lapisan jaringan menambahkan IP informasi header, seperti alamat IP dari sumber (pengirim) dan tujuan (menerima) host. Setelah informasi header ditambahkan ke PDU, PDU disebut paket.
  • Routing - Lapisan jaringan menyediakan layanan untuk paket langsung ke host tujuan pada jaringan lain. Untuk perjalanan ke jaringan lain, paket harus diproses oleh router. Peran router adalah memilih jalur untuk dan paket langsung menuju host tujuan dalam proses yang dikenal sebagai routing. Sebuah paket dapat menyeberangi banyak perangkat perantara sebelum mencapai host tujuan. Setiap rute paket yang dibutuhkan untuk mencapai host tujuan disebut hop.
  • De-enkapsulasi - Ketika paket tiba di lapisan jaringan dari host tujuan, host memeriksa header IP paket. Jika alamat IP tujuan dalam header sesuai alamat IP sendiri, header IP dihapus dari paket. Proses ini menghilangkan header dari lapisan bawah yang dikenal sebagai de-enkapsulasi. Setelah paket adalah de-encapsulated oleh lapisan jaringan, sehingga Layer 4 PDU dilewatkan ke layanan yang sesuai pada lapisan transport.


Berbeda dengan lapisan transport (OSI Layer 4), yang mengelola transportasi data antara proses yang berjalan pada setiap host, protokol lapisan jaringan menentukan struktur paket dan pengolahan yang digunakan untuk membawa data dari satu host ke host lain. Beroperasi tanpa memperhatikan data dilakukan di masing-masing paket memungkinkan lapisan jaringan untuk membawa paket untuk beberapa jenis komunikasi antara beberapa host.

Ada beberapa protokol lapisan Network yang ada . Namun, hanya dua berikut biasanya diimplementasikan sebagai acara pada gambar:
  • Internet Protocol versi 4 (IPv4)
  • Internet Protocol versi 6 (IPv6)
Protokol lapisan jaringan legacy lain yang tidak banyak digunakan meliputi:
  • Novell IPX (IPX)
  • AppleTalk
  • Connectionless Network Service (CLNS / DECnet)
IP adalah layanan lapisan jaringan diimplementasikan oleh protokol TCP / IP suite.
IP dirancang sebagai protokol dengan overhead rendah. Ini hanya menyediakan fungsi yang diperlukan untuk memberikan sebuah paket dari sumber ke tujuan melalui sistem interkoneksi jaringan. Protokol ini tidak dirancang untuk melacak dan mengelola aliran paket. Fungsi-fungsi ini, jika diperlukan, dilakukan oleh protokol lain di lapisan lainnya.
Karakteristik dasar dari IP adalah:
  • Connectionless - Tidak ada koneksi dengan tujuan didirikan sebelum mengirim paket data.
  • Terbaik Usaha (dapat diandalkan) - Packet pengiriman tidak dijamin.
  • Media Independen - Operasi adalah independen dari media yang membawa data.

0 Response to "Rangkuman Chapter 6"

Posting Komentar